Bagaimana Cara Penularan Hepatitis B ?

Hepatitis B  - Setelah kita membahas cara penularan hepatitis A saatnya kita membahas cara penularan hepatitis B. Hepatitis B merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus VHB yaitu virus yang hanya dapat menyerang manusia dan sinpanse.

Penyakit hepatitis B ini merupakan jenis penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Sementara masyarakat kita Indonesia banyak yang terserang jenis penyakit ini. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang tidak memberikan vaksinasi hepatitis dan kurangnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Jika tubuh lemah atau daya tahan tubuh sedang menurun maka virus VHB ini mudah menyerang. Di sini lah virus ini berkembang, sehingga sang pemilik tubuh pun terkena jenis penyakit ini yaitu hepatitis B.

Padahal jika daya tahan tubuh tetap tinggi, saat virus VHB masuk ke tubuh, virus tersebut dapat dihilangkan atau dihancurkan oleh kekuatan kekebalan tubuh tersebut. Untuk itu, kita sekeluarga harus menjaga kesehatan agar daya tahan tubuh tetap meningkat seperti memakan buah pepaya.

Berikut cara penularan hepatitis B

Dapat ditularkan melalui kulit
Hal ini terjadi apabila kita memakai bekas jarum suntik penderita hepatitis, memakai alat tato, alat cukur, penyuntikan jarum suntik narkoba. Untuk itu, jika kita menggunakan alat-alat suntik, gunakanlah yang baru dan steril agar terhindar dari hepatitis.

Dapat ditularkan melalui air lendir
Yang dimaksud di sini adalah penularan karena adanya air lendir misalnya :
  • mulut yang terluka, saat berbicara air lendirnya mengenai lawan bicara sementara si pemilik mulut yang terluka mengidap hepatitis B, maka lawan bicara bisa terkena hepatitis juga.
  • setelah mencabut gigi, air lendirnya terkena orang lain, padahal pemilik gigi menderita penyakit ini.
  • ciuman, salah satu diantara mereka mengidap hepatitis.
  • berhubungan intim / seksual

Dapat ditularkan keturunannya
Yaitu jika sang ibu menderita hepatitis B pada saat hamil trisemester (usia 7 - 9 bulan) maka kemungkinan besar bayinya akan tertular. Sementara jika sang ibu menderita hepatitis B pada saat usia kehamilan 1 - 6 bulan, proses penularan dapat diminimalisir. Untuk itu, jika ibu tahu menderita hepatitis maka segeralah diobati, agar bayi yang dikandung tidak tertluar juga.

Demikianlah artikel mengenai bagaimana cara penularan hepatitis B, semoga kita terhindar dari penyakit mematikan ini.

Baca juga artikel berikut : Inilah Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh
Title : Bagaimana Cara Penularan Hepatitis B ?
Description : Hepatitis B  - Setelah kita membahas cara penularan hepatitis A saatnya kita membahas cara penularan hepatitis B. Hepatitis B merupakan p...

0 Response to "Bagaimana Cara Penularan Hepatitis B ?"

Posting Komentar