Bagaimana Cara Mengatasi Sembelit Dengan Mudah ?

Bagaimana Cara Mengatasi Sembelit Dengan Mudah - Sembelit terjadi karena tinja yang akan dikeluarkan mengalami kekeringan dan keras, sehingga sulit untuk dikeluarkan. Karena sembelit maka aktifitas sehari-hari akan terganggu dan Anda pun menjadi tidak produktif lagi.  Jika ingin makan perut tidak enak, padahal perut lapar. Sehingga Anda pun merasa tidak nyaman dan perut menjadi kembung.

Sebenarnya sembelit itu terjadi karena apa? berikut penjelasannya penyebab sembelit :
  • mengkonsumsi obat-obat tertentu dan obat tersebut tidak cocok dengan perut Anda
  • kurang istirahat / tidur
  • kurang mengkonsumsi serat
  • suka menahan / menunda buang air besar
  • badan jarang bergerak (aktifitas seharian duduk) 
Jadi, bagaimana cara mengatasi sembelit dengan mudah ?

1. Perbanyak minum air putih
Jika tubuh kita kekurangan air maka pergerakan usus menjadi lambat dengan demikian sembelit pun dapat terjadi. Sebenarnya minum air putih yang banyak bukan saja menghilangkan sembelit, juga dapat mencegah jenis penyakit lainnya seperti flu, demam, batuk, sakit jantung, ginjal, kanker juga memerlukan minum air putih yang banyak. Jika Anda benar-benar ingin menjaga kesehatan, minumlah air putih minimal 8 gelas perhari, dan diusahakan lebih dari 8 gelas.

2. Mengkonsumsi makanan berserat
Jenis makanan yang banyak mengandung serat adalah sayur-sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Selain air putih, serat juga dapat membantu pergerakan usus menjadi lebih baik.

3. Jangan terlambat makan
Jika Anda terlambat makan, maka kerja usus tidak akan optimal kadang perut penuh dan kadang perut kosong. Makanlah makanan yang bergizi dengan porsi kecil dan sering agar usus tidak kaget.

4. Badan harus bergerak
Seseorang yang badannya jarang bergerak dapat mengakibatkan  terhambatnya kerja usus sehingga dapat mengganggu sistem pencernaan dan sembelit pun terjadi. Jika memang pekerjaan Anda lebih banyak duduk daripada bergerak, maka Anda harus rutin berolahraga minimal 1 minggu sekali, kalau bisa 3 kali seminggu.

Jenis olahraga juga tidak perlu yang susah dan mengeluarkan biaya seperti fitnes atau renang. Cukup olahraga yang murah dan tidak mengeluarkan biaya saja. Olahraga tersebut yaitu lari. Anda bisa melakukan lari pagi atau lari sore, yang penting badan bergerak dan dilakukan dengan rutin.

5. Jangan terlalu lama menahan dan mengeden saat buang air besar
Seseorang yang ingin buang air besar, tetapi menahannya karena berbagai alasan seperti karena masih di jalan, dan toilet umum kotor, ia akan menahan keinginan untuk buang air besar. Padahal menahan buang air besar sangat tidak baik karena sisa makanan yang tidak dicerna tersebut akan menempel kembali pada lapisan usus. Dan ini dapat memperparah sembelit.

Dan jiika Anda sudah mengalami sembelit, saat buang air besar jangan terlalu kuat mengeden / mengejan karena dapat merusak lapisan anus. Hal ini dapat menyebabkan anus menjadi berdarah.

6. Melatih perut untuk buang air besar
Latihlah perut Anda untuk buang air besar. Misalnya setiap bangun tidur, setelah sarapan. Dan perut jika tidak ingin untuk buang air besar, dudukkan saja di toilet sekitar 10 menit. Maka dorongan dan keinginan untuk buang air besar akan datang dan perut akan terlatih di saat jam-jam tersebut akan mempunyai keinginan untuk buang air besar.

7. Jangan mengkonsumsi makanan instan, fast food dan minuma bersoda
Ketiga macam makanan tersebut tidak baik dikonsumsi terlalu sering, karena ketiga jenis makanan tersebut sulit untuk dicerna usus sehingga sembelit pun muncul.

8. Mengkonsumsi obat tradisional
Anda bisa mengkonsumsi obat tradisional yang dilakukan nenek moyang turun temurun, obat tersebut yaitu menggunakan kunyit. Dimana kunyit bermanfaat dapat mendorong sisa-sisa makanan dengan mudah.

Itulah artikel mengenai bagaimana cara mengatasi sembelit dengan mudah, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel berikut : Bagaimana Cara Memasak Ikan Bakar yang Mudah dan Enak 
Title : Bagaimana Cara Mengatasi Sembelit Dengan Mudah ?
Description : Bagaimana Cara Mengatasi Sembelit Dengan Mudah - Sembelit terjadi karena tinja yang akan dikeluarkan mengalami kekeringan dan keras, sehin...

0 Response to "Bagaimana Cara Mengatasi Sembelit Dengan Mudah ?"

Posting Komentar