Bagaimana Caranya Memotivasi Anak Agar Rajin Belajar?

Cara Memotivasi Anak Agar Rajin Belajar - Kadang-kadang kita sebagai orang tua pernah mendapatkan nilai anak yang tidak bagus. Tentu hal ini tidak boleh berlanjut terus menerus karena bisa membuat anak semakin bodoh. Para orang tua harus rajin belajar sehingga bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Lalu bagaimana caranya untuk memotivasi anak agar rajin belajar? berikut tips yang bisa diikuti oleh para orang tua.

Diselingi dengan bermain
Anak-anak biasanya bisa berkonsentrasi belajarnya hanya 15 menit saja, setelah itu ia merasa lelah dan bosan. Untuk itu, orang tua harus pandai agar anaknya mau belajar misalnya dengan cara diselingi permainan seperti saat belajar, beri juga buku gambar yang memiliki alat tulis berwarna warni. Jadi jika anak lelah, ia akan menggambar. Tetapi orang tua harus pandai memberikan jeda waktu antara belajar dan menggambar.

Beri penghargaan pada prestasi anak
Sama dengan orang dewasa, anak juga mau diberi penghargaan. Jika orang dewasa bekerja lalu mendapat upah atau gaji. Dengan upah tersebut maka orang dewasa akan semangat untuk bekerja. Begitu juga dengan anak, jika ia berhasil memperoleh pestasi maka ia juga ingin mendapatkan penghargaan. Penghargaan tidak mesti berbentuk barang, pujian juga bisa dilakukan. Misalnya jika anak mendapat nilai 70, maka bunda bisa memberi pujian dengan berkata "adek pintar sekali bisa dapat nilai 70, mama senang sekali. Kalau adek belajar lebih giat pasti bisa dapat nilai 80, kalau dapat nilai 80 mama pasti senang". lalu cium anak Anda.

Kenali karakter anak
Setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda. Untuk itu, para orang tua harus tahu anaknya suka belajar dengan cara bagaimana. Apakah belajar dengan cara :
  • sendiri dan tenang
  • sendiri dengan mendengarkan musik
  • dengan cara diskusi
Jika orang tua sudah tahu karakter anaknya, maka prestasi anak dapat meningkat.

Biarkan anak memilih buku
Jika anak baru bisa membaca atau bahkan belum bisa membaca, biarkan ia memilih buku yang ia sukai, dan biarkan ia membaca sampai berulang-ulang, padahal kita sudah bosan melihatnya. Dengan demikian, anak sudah tercipta gemar membaca alhasil prestasinya juga akan baik.

Rangsang otak anak
Maksudnya adalah sesekali para orang tua membaca buku di depan anak, dan sesekali bacalah dengan kata-kata yang salah. Dengan demikian apakah anak segera memperbaiki atau tidak. Jika ia memperbaiki maka anak sudah mulai berkonsentrasi untuk belajar.

Sekian dan terimakasih artikel mengenai bagaimana caranya memotivasi anak agar rajin belajar, sudah terposting. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel berikut : Inilah Manfaat dan Jenis Makanan yang Mengandung Glutamin 
Title : Bagaimana Caranya Memotivasi Anak Agar Rajin Belajar?
Description : Cara Memotivasi Anak Agar Rajin Belajar - Kadang-kadang kita sebagai orang tua pernah mendapatkan nilai anak yang tidak bagus. Tentu hal i...

0 Response to "Bagaimana Caranya Memotivasi Anak Agar Rajin Belajar?"

Posting Komentar