Tips Mengatasi Keputihan Berlebihan Saat Hamil

Tips Mengatasi Keputihan Berlebihan Saat Hamil - Postingan kali ini diambil dari Majalah Kantini terbitan 16 Oktober 2014. Saya tertarik untuk mempostingnya karena menurut saya artikelnya sangat bagus dan sangat bermanfaat bagi kita kaum perempuan.

Di majalah tersebut ada Seorang karyawati bertanya kepada Dokter Praktisi dan Pemerhati Kesehatan yaitu Dr Sumarjati Arjoso, SKM. Berikut pertanyaannya :

Saya karyawati (29), yang ingin saya tanyakan tentang kehamilan saya yang pertama, usia kehamilan saya memasuki 6 bulan. Tapi kenapa, Dok selalu keputihan ? Jadi setiap hari saya harus memakai pembalut. Terus mengapa seperti basah begitu. Kalau bangun tidur yang keluar seperti cairan. Mohon penjelasannyanya. Terimakasih GA - Pekan Baru.

Jawab Dokter tersebut adalah :

Keputihan adalah normal selama kehamilan kecuali jika berubah warna, berbau dan gatal, dan juga bila jumlahnya berlebihan. Periksa ke dokter Anda untuk menilai apakah memang benar keputihannya harus diobati. Lakukan pembersihan rutin dan sering ganti celana dalam. Jangan biasakan memakai pantyliner / pembalut karena akan menambah lembab.


Berikut tips untuk mengatasi keputihan saat hamil :

  1. Selalu gunakan pakaian dalam yang berbahan dasar katun selain itu hidari pemakaian celana dalam yang berbahan dasar sintesis, juga hindari celana yang ketat.
  2. Sebaiknya Anda menghindari pemakaian air yang kotor ketika membasuh area kewanitaan, terutama jika menggunakan toilet umum.
  3. Segeralah mengganti pakaian dalam Anda ketika terasa sangat lembab.
  4. Sebaiknya Anda tidak perlu sering memakai pantyliner pada setiap harinya. Pantyliner dapat membuat area kewanitaan Anda menjadi lembab.
  5. Bersihkan secara rutin area kewanitaan Anda dari depat menuju belakang ketika buang air kecil dan besar. Hal ini bisa membantu Anda mengurangi resioko kontaminasi pada saluran kantung kemih dan juga anus.
  6. Sebaiknya Anda mengurangi makanan manis juga semua makanan yang mengandung banyak kafein.
  7. Sebelum membeli obat-obatan, sebaiknya Anda mengkonsultasikan pada dokter kandungan atau bidan Anda. Konsumsilah obat yang diresepkan oleh dokter.
  8. Setelah usai mandi pastika area kewanitaan Anda benar-benar kering. Anda juga dapat menggunakan handuk bersih untuk mengeringkannya. Dan ada baiknya Anda tidak menggunakan tisu dengan aroma wewangian.
  9. Hindari menggunakan sabun pembersih kewanitaan.
Demikianlah tips mengatasi keputihan berlebihan saat hamil. Semoga tips di atas bermanfaat bagi kita semua.

Sumber : Majalah Kartini terbitan 2 - 16 Oktober 2014 

Title : Tips Mengatasi Keputihan Berlebihan Saat Hamil
Description : Tips Mengatasi Keputihan Berlebihan Saat Hamil - Postingan kali ini diambil dari Majalah Kantini terbitan 16 Oktober 2014. Saya tertarik un...

0 Response to "Tips Mengatasi Keputihan Berlebihan Saat Hamil"

Posting Komentar