Tips dan Cara Bagaimana Agar Anak Belajar Sabar dan Tidak Malas

Tips dan Cara Mengajari Anak Belajar Sabar - Setelah sebelumnya mengatasi Tips Mengatasi Berlebihan Saat Hamil, kali ini kita juga memposting artikel yang diambil dari Majalah Kartini edisi 2 - 16 Oktober 2014 yaitu Bagaimana Agar Anak Belajar Sabar yang ditanyakan oleh Rodiah - Cianjur dan  dijawab oleh Bapak Yudi Suharsono, MSI.

Pertanyaanya adalah :
Saya karyawati (30), putri saya berusia 4,5 tahun. Ia tergolong anak yang tak sabaran, Misalnya bila ia membuat suatu kreasi seperti puzzle, bila hasilnya tidak sesuai yang diharapkan atau tak berhasil merampungnya ia marah-marah. Selian susah bersikap sabar, ia juga cenderung malas melakukan kegiatan. Ia selalu minta saya untuk membantunya. Kemudian setiap meminta sesuatu dia pasti teriak dan marah.

Yang saya tanyakan Bagaimana menghadapi anak yang tak sabaran dan malas

Berikut Jawaban Bapak Yudi Suharsono, MSI

Saya ambil beberapa situasi yang terjadi dalam interaksi ibu dan sang putri. Emosi, marah dan prilaku marah-marah pada anak muncul bila hasil kerjanya tidak sesuai dengan yang diinginkan dan keinginannya tidak segera dipenuhi. Selain itu anak cenderung mudah menyerah dan meminta bantuan ibu.


Berdasarkan uraian di atas, muncul pertanyaan bagaimana reaksi lingkungan ketika mengalami kesulitan atau gagal melakukan sesuatu, entah waktu dia bermain atau mengerjakan tugas.

  • Apakah lingkungan cenderung memberikan komentar negatif,
  • Sering membantu tanpa memberikan dukungan padanya untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi
  • Selain itu, anak yang sering dibantu biasanya mudah menyerah, menggantungkan diri pada bantuan orang lain, kurang mempunyai motivasi untuk meraih hasil terbaik.
Jadi Cara Mengatasi Agar Anak Belajar Sabar adalah :
  1. Lingkungan perlu mengubah pola reaksi terhadap anak, ketika ia gagal mengerjakan sesuatu atau menyerah waktu menghadapi kesulitan
  2. Memberikan dukungan ketika dia marah pada dirinya sendiri karena gagal, caranya adalah "Ya hasilnya tidak sesuai dengan aik mau, tapi adik bisa coba lagi dengan cara lain" (Sang ibu turun tangan, bersama-sama dengan anak mencoba merampungkan tugasnya).
  3. Jika anak berkata "kenapa aku tidak bisa" maka sang ibu menjawab "sebenarnya kamu bisa, ayo sama-sama kita buat lagi"
  4. Kalau anak mengalami kesulitan dan menyerah segera tanggapi dan berikan dukungan
  5. Jangan segera menolongnya mengerjakan tugas tersebut, tetapi biarkan ia mencoba mengerjakan sendiri.
Itulah tips mengatasi anak yang tidak sabar dan malas. Semoga tips di atas bermanfaat.



Title : Tips dan Cara Bagaimana Agar Anak Belajar Sabar dan Tidak Malas
Description : Tips dan Cara Mengajari Anak Belajar Sabar - Setelah sebelumnya mengatasi Tips Mengatasi Berlebihan Saat Hamil , kali ini kita juga mempost...

0 Response to "Tips dan Cara Bagaimana Agar Anak Belajar Sabar dan Tidak Malas"

Posting Komentar