Apakah Ibu Hamil Diperbolehkan Puasa

Puasa Saat Hamil - Sebenarnya menurut dokter, puasa bagi ibu hamil itu boleh-boleh saja, asalkan sang ibu tahan. Karena biasanya wanita hamil mengalami mual dan muntah-muntah. Jika sudah muntah, biasanya badan menjadi lemas. Untuk itu, sang ibulah yang menentukan tahan atau tidak untuk berpuasa.

Apakah ibu hamil diperbolehkan puasa? berikut penjelasannya:

  1. Puasa sebenarnya tidak berpengaruh dengan janin, asalkan kebutuhan gizinya tetap terpenuhi. Puasa hanya mengganti jadwal makan saja, jika sudah sering dilakukan, janin akan terbiasa pula. Tetapi puasa akan dapat berpengaruh pada ibu, karena biasanya ibu mengalami mual muntah. Jadi sang ibulah yang tahu apakah dia kuat untuk berpuasa atau tidak.
  2. Saat usia kehamilan 1 -4 bulan, biasanya sang ibu mengalami muntah-muntah, dimana muntah-muntah tersebut dapat menyebabkan kelelahan dan lemas.
  3. Saat muntah-muntah, tentunya banyak cairan yang keluar. Apakah sang ibu tahan jika tubuhnya kekurangan cairan? Apalagi sebenarnya di agama Islam, untuk orang sakit, wanita hamil dan menyusui diperbolehkan tidak berpuasa, tentunya harus diganti dengan hari yang lain.
  4. Jika ibu berpuasa, janin tidak terpengaruh karena janin bisa makan makanan yang sudah distok kan sang ibu yaitu di plasenta dan ari-ari.
  5. Jika sang ibu tidak kuat untuk berpuasa, maka janganlah dipaksakan karena dapat menyebabkan kadar gula sang ibu menurun. Hal ini tidak baik untuk kesehatan janin.
  6. Jika tetap melakukan puasa, makan dan minumlah yang banyak saat berbuka dan sahur, agar cairan dan kalori sang ibu dapat terpenuhi. Dan jangan lupa saat berbuka makan buah-buahan dan sayur-sayuran, dan jangan lupa untuk meminum susu juga
Sekian dan terimakasih. Semoga artikel apakah ibu hamil diperbolehkan puasa? dapat bermanfaat bagi teman-teman yang sedang mencari informasi tersebut.

Title : Apakah Ibu Hamil Diperbolehkan Puasa
Description : Puasa Saat Hamil - Sebenarnya menurut dokter, puasa bagi ibu hamil itu boleh-boleh saja, asalkan sang ibu tahan. Karena biasanya wanita ha...

0 Response to "Apakah Ibu Hamil Diperbolehkan Puasa"

Posting Komentar