Gizi Apa Saja yang Dibutuhkan Ibu Hamil ?

Gizi Ibu Hamil - Gizi ibu hamil tentu lebih banyak dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan di dalam perut ada janin yang harus tumbuh. Apabila gizi tersebut terpenuhi maka janin akan sehat, berat badan normal dan kualitas bayi cukup baik saat dilahirkan kelak.

Agar gizi terpenuhi, tentu banyak sekali makanan yang harus dikonsumsi. Pertanyaannya gizi apa saja yang dibutuhkan ibu hamil? 

1. Karbohidrat
Karbohidrat merupakan makanan sumber kalori yaitu makanan penambah tenaga atau energi. Ibu hamil membutuhkan banyak karbohidrat agar segala aktifitas dapat berjalan lancar dan ibu hamil tidak cepat lelah. Karbohidrat ini dibedakan menjadi dua bagian yaitu :

  • karbohidrat pati seperti roti, nasi, sereal, kentang, ubi, dan lain sebagainya
  • karbohidrat gula seperti biskuit manis, kue, puding dan manisan.
2. Biji-bijian
Makanan yang mengandung biji-bijian sangat penting dikonsumsi ibu hamil karena banyak mengandung vitamin B.

3. Sayur dan buah-buahan
Jenis sayuran seperti kangkung, daun katuk, selada, brokoli, buncis, bunga kol, daun singkong / ubi dan daun pepaya. Sedangkan jenis buah-buahan seperti melon, pir, pepaya, jeruk, semangka, apel dan lain sebagainya.

4. Protein
Jenis protein yang dapat dikonsumsi ibu hamil seperti tahu, tempe, daging, ayam, unggas, ikan, susu dan telur. Protein ini dibutuhkan ibu hamil untuk membangun, memperbaiki serta mengganti jaringan tubuh dan sel-sel baru.

5. Susu
Yang termasuk jenis susu adalah susu, keju dan yogurt. Susu dibutuhkan oleh ibu hamil untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

6. Lemak dan gula
Jenis lemak dan gula dapat ditemukan di mentega, krim, dan segala macam jenis makanan yang manis. Tetapi tidak boleh menkonsumsi berlebihan karena tidak baik.

Demikianlah postingan tentang gizi apa saja yang dibutuhkan ibu hamil ?, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel berikut : Inilah 16 Manfaat Asam Folat Bagi Ibu Hamil
Title : Gizi Apa Saja yang Dibutuhkan Ibu Hamil ?
Description : Gizi Ibu Hamil - Gizi ibu hamil tentu lebih banyak dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan di dalam perut ada janin yang harus tumbuh. Apabil...

0 Response to "Gizi Apa Saja yang Dibutuhkan Ibu Hamil ?"

Posting Komentar