Apa Saja Manfaat dan Khasiat Kacang Merah ?

Manfaat dan Khasiat Kacang Merah - Kacang merah adalah jenis kacang-kacangan yang bisa kita jumpai di pasar maupun swalayan. Tapi sayangnya, pohonnya masih jarang dan sulit ditemui di negara tersayang kita Indonesia.

Kacang merah ini berasal dari negara peru, dimana manfaatnya sangat besar untuk kesehatan seperti melancarkan pencernaan dan dapat menurunkan kolesterol.

Selain kedua manfaat tersebut, sebenarnya apa saja manfaat dan khasiat kacang merah ? berikut penjelasan lengkapnya :

Mencegah sakit kanker dan jenis penyakit lainnya
Karena kandungan antioksidan yang ada di kacang merah tinggi maka manfaatnya dapat mencegah sakit kanker, jantung dan penyakit berbahaya lainnya.

Bermanfaat untuk memperkuat otot
Protein dan zat besi yang ada di kacang merah hampir sama dengan yang ada di daging. Maka dari itu, seseorang yang mengkonsumsi kacang merah, berarti kandungan gizi yang berasal dari daging sudah terpenuhi.

Melancarkan sistem pencernaan
Kacang merah kaya akan serat, seseorang yang memakan setengah cangkir kacang merah berarti kebutuhan seratnya sudah setengah terpenuhi, jadi setengah lagi dapat diambil dari makanan lain.

Serat yang ada di kacang merah dapat memperlambat rasa lapar sehingga baik untuk program diet. Dan kacang ini juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dan bagi mereka yang mempunyai kadar gula yang tinggi.

Dapat meningkatkan tenaga dan mencegah anemia
Seseorang yang kekurangan zat ebsi akan membuat badan menjadi lemas, karena zat besi merupakan komponen integral dalam pembuatan hemoglobin, yang dapat mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh sel manusia. Zat besi tersebut juga bagian dari enzim untuk pembuatan energi.

Nah, kacang merah merupakan kacang yang kaya akan zat besi sehingga dengan mengkonsumsinya, maka dapat mencegah anemia dan dapat menambah tenaga.

Menjaga fungsi otak tetap baik
Kacang merah mengandung vitamin B1 atau sering disebut juga dengan sumber tiamin. Dimana fungsi vitamin B1 tersebut dapat menjaga fungsi otak bekerja dengan baik sehingga pikun dapat dicegah.

Itu saja manfaat dan khasiat kacang merah. Jika teman-teman ada yang mengetahui manfaat lainnya silahkan berbagi melalui kolom komentar.

Baca juga artikel berikut : Bagaimana Gejala / Tanda Cara Penularan Hepatitis A
Title : Apa Saja Manfaat dan Khasiat Kacang Merah ?
Description : Manfaat dan Khasiat Kacang Merah - Kacang merah adalah jenis kacang-kacangan yang bisa kita jumpai di pasar maupun swalayan. Tapi sayangny...

0 Response to "Apa Saja Manfaat dan Khasiat Kacang Merah ?"

Posting Komentar