Bagaimana Caranya Agar Anak Menjadi Cerdas di Sekolah ?

Cara Agar Anak Menjadi Anak yang Cerdas di Sekolah - Jika anak mempunyai nilai yang baik di sekolah, tentu menjadi kebanggaan bagi orang tua. Tetapi tahukah Anda bahwa anak yang pintar dan cerdas itu mempunyai banyak faktor. Berikut ini ada tips tentang bagaimana caranya agar anak menjadi cerdas di sekolah ?

1. Saat belajar matikan musik dan tv
Matikanlah musik dan tv saat anak sedang belajar. Suara musik dan tv tersebut dapat mengganggu konsentrasi belajarnya. Walaupun ruangan tv dan ruangan belajar dibedakan tetap saja suara tersebut tetap terdengar di telinga anak. Untuk itu, berilah pengertian ke anggota keluarga yang lain jika anak sedang belajar dimohon untuk mematikan tv dan musik.

2. Jangan belajar sekaligus
Saat belajar janganlah semua pelajaran di pelajari. Karena hal ini membuat anak menjadi terbebani pikirannya dengan menumpuknya pelajaran. Sebaiknya setiap satu malam, belajar dua atau tiga mata pelajaran saja.

3. Jangan berikan gadget
Saat belajar jauhkan gadget dari pandangannya karena otak anak hanya berpikir untuk bermain games  kesukaannya saja. Jika sudah tidak belajar, berikan gadget tersebut agar otak anak refresh, tetapi harus diingat, batasi bermain gadget tersebut.

4. Atur waktu dengan fleksibel
Ibu harus mengatur belajar anak dengan fleksibel. Misalnya jika tidak ada PR belajarnya 1 jam saja. Dan jika ada PR 1 mata pelajaran maka belajarnya 1 1/2 jam, jika PR nya 2 mata pelajaran maka belajarnya 2 jam. Jadi para orang tua harus pandai mengatur jam belajar anak.

5. Jangan menunda-nunda belajar
Banyak anak jika waktu belajar tiba, ia akan merasa ngantuk, sakit perut, minum susu dulu baru belajar dan lain sebagainya. Maka para bunda harus memberitahu anak agar tidak menunda-nunda belajar, karena hal tersebut tidak baik. Sampaikan dengan bahasa yang sederhana dan dimengerti anak.

6. Bantu anak untuk bantu cek jadwal sekolah
Sering anak jika di tanya apakah ada PR dan apakah ada ulangan? Dengan mudah sang anak jawab "tidak ada PR ma" "tidak ulangan ma". Para ibu jangan langsung percaya dengan jawaban anak, karena bisa saja anak lupa. Dan besok pagi akan repot untuk mengerjakan PR-PR tersebut. Bantulah anak untuk memeriksa buku-buku pelajaran sehingga ia akan tahu apakah ada PR dan apakah ada ulangan. Ajari anak sedini mungkin untuk disiplin mengatur waktu.

Itulah tips bagaimana caranya agar anak menjadi cerdas di sekolah? semoga bermanfaat.

Baca juga artikel berikut : Penyebab dan Gejala Hepatitis yang Harus Kamu Ketahui
Title : Bagaimana Caranya Agar Anak Menjadi Cerdas di Sekolah ?
Description : Cara Agar Anak Menjadi Anak yang Cerdas di Sekolah - Jika anak mempunyai nilai yang baik di sekolah, tentu menjadi kebanggaan bagi orang t...

0 Response to "Bagaimana Caranya Agar Anak Menjadi Cerdas di Sekolah ?"

Posting Komentar