Bagaimana Caranya Agar Anak Tumbuh Tinggi?

Bagaimana Caranya Agar Anak Tumbuh Tinggi - Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas, pintar dan sehat. Begitu pula orang tua pasti menginginkan anaknya memiliki berat badan dan tinggi yang ideal.

Sebelum membahas mengenai tips agar anak tumbuh tinggi, kita para orang tua harus mengetahui tahapan perkembangan anak terlebih dahulu. Berikut tahapannya :
  1. Pada saat tahun pertama sampai tahun kedua (usia 1 - 2 tahun) anak akan mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Pada saat ini, anak tiba-tiba menjadi cepat gemuk dan tinggi.
  2. Sedangkan saat usia 3 - 4 tahun pertumbuhannya sedikit menurun dibanding saat usia 1 - 2 tahun.
  3. Lewat usia 4 tahun sampai usia 12 tahun, pertumbuhannya sangat lambat.
  4. Dan ketika usia pubertas, yaitu sekitar usia 13 - 17 tahun pertumbuhannya cepat sekali.
  5. Saat usianya di atas 18 tahun ke atas, pertumbuhannya akan lambat kembali.
Tips agar anak tumbuh tinggi

Faktor gen
Jika orang tua dan keluarga terdekatnya tinggi maka kemungkinan anak memiliki badan yang tinggi juga.

Rajin berolahraga
Dari kecil anak harus rajin dan dibiasakan untuk berolahraga dengan cara diajak bermain. Olahraga yang baik untuk pertumbuhan tulangnya adalah bersepeda, berjalan dan berenang.

Mengkonsumsi jenis makanan berikut
Makanan yang baik dikonsumsi agar tulangnya tumbuh sehat adalah jenis sayuran, buah-buahan, susu rendah lemak, biji-bijian dan protein. sedangkan makanan yang banyak mengandung gula sebaiknya dihindari.

Tidur yang cukup
Tidur anak yang cukup adalah 8 - 12 jam setiap malam, dan tidur siangnya 1 - 2 jam setiap hari. Jadi para bunda jangan lupa untuk mengatur jadwal tidurnya.

Mengatur jadwal harian
Anda harus mengatur jadwal bermain, makan dan istirahat. Hal ini bertujuan agar badan anak tidak capek dan kebutuhan gizinya selalu terpenuhi.

Demikianlah artikel singkat mengenai bagaimana caranya agar anak tumbuh tinggi?, semoga artikel di atas bermanfaat bagi para orang tua.

Baca juga artikel berikut : Jenis Makanan yang Banyak Mengandung Antioksidan Tinggi 
Title : Bagaimana Caranya Agar Anak Tumbuh Tinggi?
Description : Bagaimana Caranya Agar Anak Tumbuh Tinggi - Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas, pintar dan sehat....

0 Response to "Bagaimana Caranya Agar Anak Tumbuh Tinggi?"

Posting Komentar