Inilah 8 Tips dan Cara Agar Bayi Cerdas Dibanding Bayi Lain

Tips dan Cara Agar Bayi Cerdas Dibanding Bayi Lain - Perkembangan intelektual anak memang tanggung jawab orang tua. Maka orang tua harus mengetahui bagaimana agar bayinya lebih cerdas dibanding bayi lain? berikut jawabannya :

1. Ajari anak memahami apa yang dilakukan oleh orang tua
Ajarilah anak untuk memahami apa yang dilakukan oleh orang tua, misalnya ajari apa yang dilihatnya, didengar, dan dirabanya. Misalnya ketika selesai mandi maka pakai handuk, dengan demikian anak yang melihat kebiasaan ini akan mengetahui kalau selesai mandi harus menggunakan handuk. Dan misalnya ada suara nenek, kita kasih tahu itu suara nenek. Maka jika nenek berbicara, sang bayi akan tahu bahwa suara tersebut adalah suara neneknya.

2. Hindari suara berisik
Bayi juga butuh ketenangan agar konsentrasi nya tidak terganggu. Jika bayi terlalu sering mendengar kebisingan maka bayi jika sudah sekolah akan sulit untuk berkonsentrasi.

3. Lingkungan harus mendukung
Anda sebagai orang tua harus bisa mengajarkan anak cara bermain yang benar, cara membunyikan terompet, cara membereskan mainan setelah bermain. Dengan demikian anak akan belajar dari lingkungannya sendiri. Jika lingkungan bagus maka anak akan menjadi bagus juga, begitu juga sebaliknya jika lingkungan tidak bagus anak juga akan tidak baik perkembangannya.

4. Merespon suara bayi
Misalnya jika bayi bersuara "aaaa", tirukan suara tersebut dengan cara menatap lembut matanya. Dengan demikian bayi akan senang dan akan belajar lagi cara menirukan suara-suara yang lain.

5. Ajari bayi untuk melakukan perubahan
Misalnya jika bayi senang dengan bermain krincingan karena suara yang ditimbulkan. Jika sudah dilemparkannya karena sudah bosan, coba ganti krincingan tersebut dengan boneka kecil yang lucu, atau bola yang ringan. Dengan demikian anak akan menyukai semua permainan.

6. Berikan kebebasan untuk bereksplorasi pada anak
Sediakan papan kecil di rumah, biarkan anak menulis apa yang ingin ditulisnya dan beri pensil berwarna warni agar anak menjadi lebih suka untuk mengeksplorasi kemampuannya.

7. Jangan alihkan perhatiannya dengan mengganti mainannya
Misalnya jika anak sedang bermain krincingan, biarkan anak mengamati krincingan tersebut. Jangan langsung diganti. Jika ia sudah paham tentang krincingan tersebut dan sudah bosan biasanya akan dilempar. Setelah itu ajari anak ke point nomor 5.

8. Jangan lupa beri penghargaan
Berilah penghargaan kepada bayi / anak jika bisa melakukan sesuatu misalnya dengan cara tepuk tangan atau dengan cara berbicara "Horeee.. adek pintar, bisa megang krincingan sendiri". Dengan demikian bayi ./ anak akan senang, dan ia pun akan mengulang untuk menunjukkan semua kemampuannya.

Itulah 8 tips dan cara agar bayi cerdas dibanding bayi lain, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel berikut : Bagaimana Cara Memasak Ayam Goreng Bumbu Lengkuas dengan Mudah dan Enak ?
 
Title : Inilah 8 Tips dan Cara Agar Bayi Cerdas Dibanding Bayi Lain
Description : Tips dan Cara Agar Bayi Cerdas Dibanding Bayi Lain - Perkembangan intelektual anak memang tanggung jawab orang tua. Maka orang tua harus m...

0 Response to "Inilah 8 Tips dan Cara Agar Bayi Cerdas Dibanding Bayi Lain"

Posting Komentar