Bagaimana Caranya Agar Anak Pandai Bicara?

Tips Agar Anak Pandai Bicara - Melatih anak supaya cepat berbicara merupakan hal yang penting. Karena anak yang cepat berbicara tentu menggambarkan kecerdasan anak tersebut. Anak yang cepat berbicara biasanya juga akan cepat perkembangan otaknya. Jadi ia akan selalu banyak bertanya tentang hal-hal yang dilihatnya, dan yang tidak diketahui. Sampai kadang orang tua merasa capek. Para bunda jangan salah, berarti anak tersebut anak yang pintar.

Berikut tips dan cara agar anak pandai berbicara
Sering ajak ngobrol anak
Hal ini dilakukan agar anak menjadi senang, kadang-kadang bagi kita apa yang kita bicarakan tidak penting padahal bagi anak merupakan hal yang sangat penting. Mengajak bicara tidak perlu yang sulit, misalnya ketika bangun tidur ucapkan “selamat pagi sayang… udah bangun ya sayang… ayo mandi kita nak” begitulah caranya agar anak akan cepat berbicara.

Selalu menjawab pertanyaan anak
Jawablah selalu  pertanyaan anak dengan bahasa yang sederhana dan lengkap. Misalnya lagi jalan-jalan di rumah nenek, dan si buah hati bertanya… “Ma.. itu apa?” lalu Anda jawablah pertanyaan tersebut dengan sempurna, jangan singkat saja seperti “ayam”.. melainkan jawabnya “itu namanya binatang ayam.. ayam itu makannya beras.. anak ayam pun cantik-cantik dan lucu.. lihat itu sayang.. lucu kan”. Dengan begitu anak akan senang, dan ia selalu memperhatikan Anda berbicara dan lama kelamaan ia pun akan pandai juga.

Jadilah pendengar yang baik
Jika si anak sedang berbicara, padahal Anda pun tidak mengerti semua apa yang ia bicarakan. Tetaplah Anda mendengarkan pembicaraannya dengan wajah yang senang, biarkan ia berbicara apapun. Dengan begitu ia tidak malas untuk berbicara lagi.

Bernyanyi
Bernyanyi selain menghibur anak, juga dapat memperkaya kosa kata anak. Dan dengan kosa kata tersebut maka anak akan lebih mudah untuk berbicara lagi.

Jika anak berkata “tidak sopan” jangan memarahinya
Hal ini agar anak tidak putus asa untuk berbicara. Jika anak mengatakan hal yang tidak sopan, maka sebaiknya kita jangan memarahinya apalagi sampai memukulnya, cukup katakan dengan bahasa sederhana dan lembut saja misalnya.. “tidak boleh ngomong gitu lagi ya sayang… gak bagus ya nak”.

Kita mulai bertanya ke anak
Sesekali kita juga harus bertanya ke anak sesuatu hal yang sudah ia mengerti. Misalnya saat melihat buku bergambar.. tanyakan “Nak, ini namanya binatang apa”… biarkan ia menjawab. Jika jawabannya salah, perbaikilah. Begitu lah seterusnya.

Jangan suka melarang
Jika anak melakukan hal-hal yang salah, maka jangan langsung melarangnya. Melainkan jelaskan mengapa ia dilarang memainkan benda tersebut. Misalnya ketika ia memegang pisau, maka ucapkanlah “Sayang… tidak boleh main pisau ya, pisau ini untuk motong-motong, nanti bisa kena tangan dan berdarah”. Dengan demikian anak akan tahu mengapa ia dilarang menggunakan suatu benda yang berbahaya.

Itulah artikel singkat mengenai bagaimana caranya agar anak pandai bicara, semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Baca juga artikel berikut : Inilah Manfaat Buah Asam Bagi Kesehatan

http://langsingcantikdansehat.blogspot.com/2015/02/apa-itu-toksin-toksin-adalah-racun-yang.html

Title : Bagaimana Caranya Agar Anak Pandai Bicara?
Description : Tips Agar Anak Pandai Bicara - Melatih anak supaya cepat berbicara merupakan hal yang penting. Karena anak yang cepat berbicara tentu meng...

0 Response to "Bagaimana Caranya Agar Anak Pandai Bicara?"

Posting Komentar