Inilah 21 Tips dan Cara Mendidik Anak Agar Pintar dan Cerdas

Tips dan Cara Mendidik Anak Agar Pintar dan Cerdas - Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi anak yang pintar. Untuk itu blog Langsing Cantik dan Sehat mempostingkan 20 tips dan cara mendidik anak agar pintar dan cerdas.

1. ASI ekslusif
 Berikan ASI ekslusif kepada bayi Anda. Sudah banyak penelitian mengatakan bahwa ASI merupakan makanan bayi nomor satu yang sangat baik untuk kekebalan tubuh bayi dan kecerdasan otaknya. ASI akan mencair bila cuaca sedang panas sehingga haus sang bayi akan hilang, dan ASI akan mengental jika cuaca dingin, sehingga bayi akan kenyal ketika meminum ASI tersebut.

2. Ajak berbicara dengan kalimat yang lengkap
Memang bayi belum bisa menjawab pertanyaan Anda. Tetapi bayi akan bisa mendengar dan meresponnya. Ajaklah sesering mungkin bayi Anda untuk berbicara dengan kalimat yang lengkap. Berbicara misalnya bertanya "namanya siapa", "sudah makan apa belum", "makan pakai apa" atau pertanyaan apapun yang penting kalimatnya harus lengkap.

3. Sering membacakan buku cerita
Belilah buku yang bagus dan warna yang menarik. Seringlah bacakan buku tersebut di depan anak. Dengan demikian anak akan mulai ditanamkan untuk hobi membaca dan cinta buku dari kecil.

4. Ayah bunda ikut bermain
Cara ini selain menyenangkan hati anak. Orang tua juga mengajarkan kepada anak agarnya anaknya menjadi anak yang pintar.

5. Sering dengarkan lagu
Lagu dengan nada dan lirik yang ringan dapat membuat anak menambah pembendaharaan kata-kata. Misalnya lagu cicak-cicak di dinding, maka anak akan belajar mengetahui binatang cicak, dan ketika ada cicak di dinding ia akan berkata "ma, icak-icak". Dengan demikian anak akan semakin pintar untuk mengenal benda-benda lain.

6. Belajar musik
Penelitian menunjukkan bahwa bayi dengan belajar musik maka IQ anak akan berkembang dan semakin meningkat.

7. Ajak anak sholat dan mengaji
Untuk Anda yang Muslim, Anda bisa mengajarkan anak untuk belajar shalat dan mengaji. Walaupun dia belum paham, berikan ia sajadah sendiri dan sering -seringlah diajak. Selain anak menjadi cerdas, anak juga sudah tertanam ilmu agamanya sehingga ia bisa menjadi anak yang sholeh dan sholeha.

8. Olahraga
Ajari anak berolah raga yang ringan dan beri makanan yang banyak dan mengandung gizi agar anak menjadi sehat.

9. Ajak bermain games yang bagus
Games banyak macamnya, pilihlah games yang baik untuk pertumbuhan anak. Dengan bermain games maka kemampuan visul anak di dalam proses belajar semakin tinggi.

10. Jangan berikan makanan junk food
Makanan instan tidak baik untuk kesehatan dan kecerdasan, apalagi untuk bayi dan anak-anak. Untuk itu hindarilah makanan tersebut.

11. Jangan lupa sarapan
Dengan sarapan maka tingkat konsentrasii, ingatannya dan memorinya akan semakin tinggi jika dibanding dengan anak yang tidak sarapan.

12. Konsumsi omega 3
Omega 3 bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan memori anak. Pastikan asupan omega 3 nya terpenuhi dengan baik.

13. Mengasah Otak dengan permainan
Berikan anak permainan yang dapat mengasah otaknya seperti puzzle, sudoku, catur, teka-teki, laptop permainan dan games edukatif lainnya.



14. Jangan biasakan menonton tv
Batasi jadwal menonton tv pada anak karena sekarang ini banyak sekali acara televisi yang tidak bagus, tidak memberikan contoh yang baik pada anak. Anda bisa membatasi jadwal menonton anak misalnya 1 hari hanya boleh menonton 3 jam saja.

15. Ayah bunda harus harmonis dan bahagia
Jika keluarga harmonis dan bahagia maka kondisi emosional anak akan menjadi lebih baik daripada anak dari keluarga yang keras dan berantakan.

16. Tinggal di lingkungan yang tenang
Hasil penelitian dari Kyoto University, negara Jepang menunjukkan bahwa anak-anak yang tinggal di lingkungan yang ramai dan bising, ternyata memorinya memiliki nilai yang lebih rendah dibanding dengan anak yang tinggak di lingkungan yang tenang.

17. Waktu tidur yang cukup
Anak yang tidak mempunyai waktu tidur yang cukup tidak dapat berkonsentrasi di sekolah. Untuk itu, berikan jadwal tidur dan bangun tidur yang teratur dan konsisten.

18. Hilangkan stres pada anak
Jika anak memiliki masalah, bantulah ia memecahkan masalahnya. Jangan sampai ia mengalami stres. Hal ini akan membuat kecerdasannya menurun.

19. Beri keterampilan baru
Agar anak menjadi cerdas, orang tua harus rajin dan kreatif memberikan keterampilan yang baru pada anak, misalnya ajak anak ke perpustakaan agar ia mengenal buku-buku, permainan-permainan yang mendidik.


20. Belajar dengan lingkungan terbuka
Belajar dengan lingkungan terbuka akan membuat otak anak segar kembali. Ajaklah sekitar 30 menit setiap hari keliling di lingkungan terbuka seperti bermain di taman, bersepeda dan lain sebagainya.

21. Tidak putus asa untuk berdoa
Doa orang tua sangat baik untuk anak. Berdoalah semoga anak Anda menjadi anak yang cerdas dan menjadi kebanggaan orang tua.

Itulah 21 tips dan cara mendidik anak agar pintar dan cerdas, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel berikut : Tips Langsing Artis Marshanda Memilih Yoga
Title : Inilah 21 Tips dan Cara Mendidik Anak Agar Pintar dan Cerdas
Description : Tips dan Cara Mendidik Anak Agar Pintar dan Cerdas - Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi anak yang pintar. Untuk itu blog ...

0 Response to "Inilah 21 Tips dan Cara Mendidik Anak Agar Pintar dan Cerdas"

Posting Komentar