Ternyata Penggunaan AC Memiliki Manfaat dan Efek Buruk Pada Kesehatan

Manfaat dan Efek Buruk Penggunaan AC - AC / Air Conditioning atau pendingin ruangan merupakan alat yang dapat membantu menjaga suhu ruangan tetap konstan, meningkatkan kualitas udara dalam ruangan menjadi lebih sejuk.

Saat ini AC mudah dijumpai, karena hampir di setiap rumah sudah memiliki AC. Padahal dulunya, AC hanya dipakai di kantoran, mall dan tempat-tempat mewah lainnya. Tetapi ternyata penggunaan AC memiliki manfaat dan efek buruk bagi kesehatan.

Manfaat AC bagi kesehatan

Melindungi hawa panas
Panasnya sinar matahari membuat ruangan menjadi panas. Dengan adanya AC maka ruangan pun menjadi dingin / sejuk.

Meningkatkan produktifitas kerja
Dengan adanya AC maka udara menjadi sejuk. Hal ini membuat produktifitas kerja meningkat karena rasa lelah yang ditimbulkan akan berkurang.

Dapat menghilangkan debu
Karena fungsi AC salah satunya adalah menyerap debu dan mikroorganisme di sekitar ruangan, maka ruangan pun terbebas dari debu.

Efek buruk AC bagi kesehatan

Mengeringkan kulit
Jika kita berada / bekerja di ruangan AC selama berjam-jam, maka bisa mengeringkan kulit badan. Untuk itu kita harus menjaga kelembabannya dengan cara memakai pelembab.

Sakit asma akan semakin parah
Jika seseorang yang terkena asma sering berada di ruangan ber AC, penyakit ini bisa semakin parah karena rasa sesak saat bernafas cepat muncul.

Dapat menyebabkan pilek, sakit tenggorokan
Hawa dingin yang dimunculkan dari AC bisa membuat pilek, sakit tenggorokan dan menyebabkan iritasi pada lapisan mulut dan hidung.

Menyebabkan sakit kepala dan kelelahan
Penggunaan AC sentral terutama di hotel-hotel dan mall bisa mengakibatkan sakit kepala dan badan cepat lelah karena udara yang sangat dingin.

Dapat menaikkan berat badan 
Saat kita menggunakan AC maka tubuh tidak perlu mengeluarkan energi lagi untuk membakar lemak. Hal ini jika sering terjadi bisa menyebabkan penaikkan berat badan semakin cepat. Apalagi jika Anda bekerja memiliki kebiasaan sambil ngemil, maka berat badan akan cepat naik.

Demikianlah artikel tentang manfaat dan efek buruk penggunaan AC bagi kesehatan, semoga bermanfaat. Jika kita menggunakan AC di rumah, maka sebaiknya harus sering dibersihkan filter AC agar debu, mikroorganisme yang terperangkan dari udara tidak menyebar ke penghuni rumah.

Baca juga artikel berikut : Resep Memasak Ayam Goreng Madu
Title : Ternyata Penggunaan AC Memiliki Manfaat dan Efek Buruk Pada Kesehatan
Description : Manfaat dan Efek Buruk Penggunaan AC -  AC / Air Conditioning atau pendingin ruangan merupakan alat yang dapat membantu menjaga suhu ruang...

0 Response to "Ternyata Penggunaan AC Memiliki Manfaat dan Efek Buruk Pada Kesehatan"

Posting Komentar