Inilah 3 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Sulit Makan

Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Sulit Makan - Bayi di bawah tiga tahun atau sering kita sebut dengan Batita memang banyak yang sulit untuk makan, mereka asyik bermain-main saja. Untuk sang ibu harus mengetahui penyebab dan cara mengatasi anak sulit makan, berikut penjelasannya :

1. Selalu mengemut makanan yang masuk ke mulut
Penyebab anak mengemut makanan yang masuk ke mulut karena sang anak belum melewati masa transisi dari makanan cair / lembek ke makanan padat. Hal ini tidak boleh dilakukan terlalu sering karena dapat merusak pertumbuhan giginya. Untuk itu ibu harus menyiasatinya, berikut tips mengatasinya :
  1. Ajari anak untuk mengunyah secara perlahan-lahan dengan cara menggerakkan mulut, dan dilakukan tidak boleh terburu-buru.
  2. Jika anak asyik bermain, hentikan dulu permainannya. Jika sang anak tidak mau, bagi makanan menjadi beberapa porsi atau bilang ke anak "makan 3 suap baru main lagi ya nak". Jika sudah 5 menit bermain, anak dipanggil lagi untuk makan. Begitu terus sampai nasi habis dan anak kenyang. Sang ibu harus benar-benar sabar untuk mendidik anak menjadi anak yang cerdas, anak yang sabar dan tidak malas.
  3. Biasakan anak makan di meja makan sehingga makannya tidak terganggu dengan aktifitas lain seperti bermain dan menonton tivi.
2. Anak tidak mau buka mulut
Ibu harus mengetahui penyebab anak tidak mau buka mulut apa karena sakit gigi, sariawan, terburu-buru, atau sudah kenyang karena banyak jajan. Walaupun demikian, ibu harus tetap memberi makan anak agar asupan gizinya terpenuhi. Tips mengatasinya adalah :
  1. Jika karena sakit gigi, periksakan ke dokter gigi. Gigi anak sebaiknya diperiksa 3 bulan sekali.
  2. Atur makanannya lebih bervariasi, misalnya hari ini la uk telur dadar, besok ikan goreng, dan lusa tempe bacem. Hal ini dilakukan agar anak tidak bosan.
  3. Bisa juga dengan cara menanyakan ke anak, mau dimasakkan apa hari ini. Jika makanan keinginannya dituruti maka selera makannya akan bertambah.
  4. Jangan menyuapi anak dengan terburu-buru, jika ini dilakukan dapat membuat selera makan anak akan hilang.
3. Makanan yang ada di mulut selalu disembur-semburkan
Ibu harus mengetahui penyebabnya apa karena makanan tersebut jenis makanan yang baru sehingga terasa asing di lidahnya, bosan dengan makanan itu-itu saja, suka dengan suara semburan nasi dan mulutnya karena menurutnya suara itu lucu, atau anak hanya mencari perhatian orang tua saja agar dimarahi. Hal ini tidak boleh dilakukan terlalu sering karena anak akan tumbuh menjadi anak yang suka membuang-buang nasi dan anak yang suka mencari perhatian tetapi caranya tidak baik. Jadi bagaimana cara mengatasinya ? berikut tipsnya :
  1. Saat anak menyemburkan makanan dengan bunyi yang lucu dan bentuk bibir yang lucu, maka orang tua jangan menertawakan dan jangan lupa menasehatinya. Jika Anda benar-benar gelik karena memag lucu, maka tahanlah ketawa Anda karena dapat membuat anak menjadi manja dan mengulanginya lagi.
  2. Katakan ke anak seperti ini "Adek hari ini tidak mau makan nasi, bunda ganti kentang ya nak". Jadi kebutuhan karbohidrat yang diperlukan tubuh tetap terpenuhi.
  3. Ganti menu makanan yang lain.
  4. Berikan penjelasan ke anak, bahwa makanan bukan untuk dimain-mainkan tetapi untuk di telan. Gunakan kalimat yang lembut, halus dan dapat dimengerti oleh anak.
Sekian dan terimakasih sudah membaca 3 penyebab dan cara mengatasi anak sulit makan, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel berikut : Bagaimana Cara Memasak Udang Goreng Bumbu yang Mudah dan Enak 
Title : Inilah 3 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Sulit Makan
Description : Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Sulit Makan - Bayi di bawah tiga tahun atau sering kita sebut dengan Batita memang banyak yang sulit untu...

0 Response to "Inilah 3 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Sulit Makan"

Posting Komentar