Inilah 6 Kebiasaan yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil

Kebiasaan yang Harus Dihindari Ibu Hamil - Sebelum menikah banyak para wanita dan pria memiliki gaya hidup yang tidak sehat seperti suka makan di luar, merokok, tidak olahraga dan lain sebagainya.

Sampai akhirnya menikah dan hamil pula, maka kebiasaan tersebut harus kita hindari agar tidak mengganggu pertumbuhan janin. Berikut 6 kebiasaan yang harus dihindari oleh ibu hamil :


1. Memakan makanan junk food dan instan
Makanan junk food dan instan itu terlalu banyak mengandung lemak dan gula. Memang lemak dan gula dibutuhkan oleh janin, tetapi jika berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan janin. Selain makanan junk food dan makanan instan, makanan sejenis gorengan dan minuman bersoda sebaiknya kurangi mengkonsumsinya.

2. Minum alkohol
Jika Anda memiliki kebiasaan meminum alkohol, maka kebiasaan itu harus dihentikan. Karena alkohol yang masuk ke tubuh ibu hamil akan cepat sampai ke janin. Jika selama kehamilan, sering mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan bayi sebelum dilahirkan dan sesudah dilahirkan akan mengalami terlambatnya pertumbuhan. Bayi tersebut juga akan mengalami masalah penglihatan, pendengaran bahkan bisa menyebabkan bibir sumbing.

3. Merokok
Ibu hamil yang memiliki kebiasaan merokok, menyebabkan bayi lahir prematur, berat badan berkurang dan anak menjadi tidak cerdas atau IQ rendah. Hal ini terjadi karena nikotin asap rokok yang masuk ke tubuh ibu hamil membuat pasokan oksigen berkurang masuk ke sistem saraf janin yang menyebabkan janin kekurangan oksigen.

Ibu hamil juga harus menghindari asap rokok. Walaupun bukan ibu hamil yang merokok, tetapi ibu hamil menghirup asap rokok (biasa di sebut perokok pasif) juga akan membahayakan bagi janin. Bahaya yang ditimbulkan juga sama dengan ibu hamil yang merokok.

4. Menkonsumsi obat-obatan tanpa petunjuk dokter
Jika Anda mengalami pusing, batuk, flu atau sulit buang air besar. Maka jangan mengkonsumsi obat tanpa pengawasan dokter. Zat kimia yang ada di obat tersebut dapat membahayakan dan merusak pertumbuhan organ tubuh janin.

5. Mengkonsumsi zat kafein yang berlebihan
Kafein ditemukan diminuman kopi, teh, permen, coklat dan minuman-minuman bersoda. Jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan janin lahir cacat, bayi memiliki tubuh yang kecil bahkan dapat mengalami keguguran.

6. Kebiasaan makan yang salah
Yang dimaksud kebiasaan makan yang salah adalah terlalu banyak makan yang menyebabkan kegemukan, tentu hal ini tidak baik bagi kesehatan bayi dan ibu. Kebiasaan makan yang salah tersebut adalah :
  • terlalu banyak makan 
  • makan camilan yang berlebihan
  • terlalu banyak makan gula dan lemak
  • tidak sarapan
  • makan dengan porsi besar, padahal yang benar adalah makanlah dengan porsi kecil dan sering.
Itulah 6 kebiasaan yang harus dihindari oleh ibu hamil, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel berikut : Resep Memasak Ayam Panggang Medan yang Enak
Title : Inilah 6 Kebiasaan yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil
Description : Kebiasaan yang Harus Dihindari Ibu Hamil - Sebelum menikah banyak para wanita dan pria memiliki gaya hidup yang tidak sehat seperti suka m...

0 Response to "Inilah 6 Kebiasaan yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil"

Posting Komentar