Inilah Penyebab dan Cara Menyiasati Anak yang Tidak Mau Makan Nasi

Penyebab dan Cara Menyiasati Anak yang Tidak Mau Makan Nasi - Banyak para bunda yang mengeluhkan anaknya sulit makan, ia hanya suka makan kesukaanya saja sementara untuk makan nasi sulit sekali.

Misalnya anak saya (penulis blog langsing cantik dan sehat) sulit untuk makan nasi dan sukanya hanya tempe goreng. Masih syukur yang disukai adalah tempe, dimana tempe juga banyak mengandung protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika yang disukai adalah permen, mie, jajan-jajanan, tentu hal ini tidak baik untuk kesehatan. Berikut ini ada penjelasan mengenai penyebab dan cara menyiasati anak yang tidak mau makan nasi. Silahkan bunda baca artikel berikut semoga dapat membantu bunda yang sedang mencari informasi demi kesehatan anak Anda.

Penyebab anak tidak mau makan nasi

1. Anak tidak dilatih untuk makan
Latihlah anak untuk makan dimulai dari bayi. Latihan tersebut adalah bayi usia 0 - 4 bulan berikan ASI ekslusif, usia 4 - 6 bulan beri bubur susu, usia 6 - 9 bulan beri makan nasi tim / nasi saring, dan usia 9 - 12 bulan beri makan nasi lembek, sayur dan lauknya sudah dipisah. Sedangkan di atas 12 bulan atau 1 tahun sudah diberi makanan yang sama dengan keluarga yang penting tidak pedas.

Jika anak di latih dari bayi untuk makan, maka anak akan terbiasa. Dan ajari anak untuk mengunyah makanan, karena jika tidak diajarkan, makanan yang ada di mulut, akan langsung ditelannya tanpa di kunyah terlebih dahulu. Hal ini dapat menyebabkan tenggorakan sakit dan hal ini menyebabkan anak tidak suka dan tidak mau makan nasi lagi.

2. Bosan dengan makanan itu-itu saja
Para bunda harus pandai menyajikan makanan. Anak akan bosan dengan makan makanan itu-itu saja, rasa itu saja dan penampilan itu-itu saja. Coba bunda sajikan makanan yang dihias dan buat penyajiannya lebih unik dan cantik, dengan demikian anak akan menjadi suka makan nasi. misalnya nasi dengan telur yang dihias.

Cara menyiasati anak yang tidak mau makan nasi
  1. Cari tahu penyebabnya mengapa anak tidak mau makan nasi, jika sudah tahu, cari solusinya. Jangan memaksa anak untuk makan dengan cara memaksanya dan menjejali nasi ke mulutnya. Hal ini membuat anak semakin tidak suka dan semakin trauma untuk makan nasi.
  2. Bentuk nasi menjadi lebih unij misalnya buat nasi uduk, lontong, nasi yang dicetak dengan mangkok kecil yang lucu.
  3. Jika memang anak tidak doyan makan nasi, gantilah karbohidrat nasi dengan karbohidrat lainnya misalnya kentang, ubi, jagung, ketela, roti dan lain sebagainya. Bunda tidak perlu takut, karena sebenarnya nasi itu adalah makanan pokok di sebagian negara kita Indonesia, makanan pokok jenis lainnya masih banyak, yang penting kandungan karbohidrat dapat terpenuhi, tidak masalah apakah dari nasi, jagung, ubi, roti, kentang atau dari jenis karbohidrat lainnya.
Sekian artikel penyebab dan cara menyiasati anak yang tidak mau makan nasi, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel berikut : Inilah 6 Manfaat Yodium Bagi Ibu Hamil
Title : Inilah Penyebab dan Cara Menyiasati Anak yang Tidak Mau Makan Nasi
Description : Penyebab dan Cara Menyiasati Anak yang Tidak Mau Makan Nasi - Banyak para bunda yang mengeluhkan anaknya sulit makan, ia hanya suka makan ...

0 Response to "Inilah Penyebab dan Cara Menyiasati Anak yang Tidak Mau Makan Nasi"

Posting Komentar