Apa Saja Penyebab dan Cara Penanganan Hamil Anggur ?

Penyebab dan Cara Penanganan Hamil Anggur- Hamil anggur adalah jenis tumor jinak yang dikenal dengan istilah mola atau molahidatidosa. Hamil anggur terjadi karena hasil konsepsinya tidak tumbuh secara sempurna dan terjadi gerombolan seperti buah anggur. Gerombolan buah anggur tersebut hanya bisa dilihat ketika di USG. Dengan USG tersebut, dapat diketahui bahwa detak jantung janin tidak ada.

Hamil anggur banyak terjadi pada wanita Asia. Untuk itu, kita harus menjaga kesehatan dan harus tahu apa penyebab dari hamil anggur tersebut dan cara penanganannya juga harus kita ketahui.

Penyebab hamil anggur

  1. Adanya gangguan genetik yang terjadi saat pembuahan sehingga mengakibatkan terjadinya kelainan pertumbuhan jaringan plasenta di uterus.
  2. Pembuahan yang gagal dan terjadi kerusakan dua desi yang mengakibatkan konsepsi mati.
  3. Hamil anggur banyak dialami wanita di bawah usia 20 tahun dan di atas 35 tahun.
  4. Asupan gizi yang kurang. Untuk itu jika sedang merencanakan kehamilan tiga bulan sebelumnya harus memenuhi gizi yang dibutuhkan tubuh.
  5. Kurangnya konsumsi vitamin A dan asam folat  saat merencanakan kehamilan.
Cara penanganan hamil anggur
  1. Dokter segera melakukan kuretase untuk membersihkan rahim ibu. Kuretase adalah proses operasi yang dilakukan pada ibu hamil saat usia kehamilan trisemester pertama dan terjadi keguguran.
  2. Jika sang ibu mengalami pendarahan atau terjadi anemia, maka dilakukan transfusi darah terlebih dahulu, setelah itu baru melakukan kuretase.
  3. Jika sudah melakukan kuretase, maka sang ibu harus menunda kehamilan minimal 1 tahun, lebih baik jika penundaan dilakukan selama 2 tahun. Hal ini dilakukan agar rahim ibu benar-benar sembuh.
Demikianlah artikel mengenai apa saja penyebab dan cara penanganan hamil anggur?, semoga kita semua para wanita dijauhkan dari jenis hamil anggur ini. Semoga kehamilan kita baik-baik saja dan sehat, lancar sampai proses persalinan tiba. Aamiin

Baca juga artikel berikut : Inilah Manfaat Asam Folat Bagi Ibu Hamil
Title : Apa Saja Penyebab dan Cara Penanganan Hamil Anggur ?
Description : Penyebab dan Cara Penanganan Hamil Anggur - Hamil anggur adalah jenis tumor jinak yang dikenal dengan istilah mola atau molahidatidosa. Ha...

0 Response to "Apa Saja Penyebab dan Cara Penanganan Hamil Anggur ?"

Posting Komentar