Inilah Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Manfaat Donor Darah - Mendonorkan darah merupakan kegiatan mulia. Jika Anda sekali mendonorkan darah maka Anda sudah menyelamatkan satu nyawa manusia.

Ternyata selain menyelamatkan nyawa orang lain, mendonorkan darah juga sangat baik untuk kesehatan si pendonor.

Berikut manfaat donor darah bagi kesehatan :

Jantung menjadi lebih sehat
Darah memiliki banyak zat besi. Dimana jika tubuh terlalu banyak memiliki zat besi tidak baik untuk kesehatan yaitu dapat menyebabkan sakit jantung. Jika kita mendonorkan darah, maka zat besi di tubuh berkurang, dengan demikian sakit jantung dan stroke dapat dicegah.

Produksi sel darah baru menjadi meningkat
Karena darah sudah dikeluarkan maka sel-sel baru diproduksi oleh sum-sum dalam waktu 48 jam. Sel darah baru akan mengisi ulang darah yang hilang selama 1 -2 bulan. Dengan demikian kesehatan akan lebih terjaga karena darah sudah berganti ke yang baru.

Kalori terbakar
Jika kita mendonorkan darah secara rutin maka tubuh menjadi lebih bugar dan sehat.

Kanker dapat dicegah
Kanker hati, kanker paru-paru, kanker usus besar, dan kanker tenggorokan dapat dicegah jika rutin mendonorkan darah.

Memeriksa kesehatan secara gratis
Jika ingin mendonorkan darah, maka kita akan diperiksa kesehatannya, hal ini dilakukan agar tahu apakah darah Anda layak untuk disumbangkan atau tidak. Jika Anda memiliki sejenis penyakit, maka mereka akan segera menginformasikan kepada Anda secepatnya.

Menolong nyawa orang lain
Tujuan mendonorkan darah adalah menolong nyawa orang lain, dengan mendonorkan darah berarti Anda sudah memberikan kesempatan hidup orang lain.

Itulah manfaat donor darah bagi kesehatan, semoga bermanfaat. Tetapi mendonorkan darah tidak boleh sering dilakukan karena dapat menyebabkan anemia. Lakukanlah donor darah 3 bulan sekali.

Baca juga artikel berikut : Inilah 11 Manfaat Mandi Pagi Bagi Kesehatan
Title : Inilah Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan
Description : Manfaat Donor Darah - Mendonorkan darah merupakan kegiatan mulia. Jika Anda sekali mendonorkan darah maka Anda sudah menyelamatkan satu ny...

0 Response to "Inilah Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan"

Posting Komentar